ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP - POMPA BENAM LISTRIK

Electric Submersible Pump-Electric Submersible Pump biasanya disebut ESP, adalah metode pengangkatan buatan yang efisien dan dapat diandalkan untuk mengangkat dalam tingkat menengah/ moderat untuk volume tinggi cairan dari lubang sumur. Volume ini berkisar dari yang rendah 150 B / D sampai 150.000 B / D (24 sampai 24.600 m3 / d). Variabel Speed Drive dapat memperluas jangkauan ini secara signifikan, baik pada sisi yang tinggi dan rendah. 

Komponen utama Electric Submersible Pump adalah :
  • Multistaged centrifugal pump
  • Three-phase induction motor
  • Seal-chamber section
  • Power cable
  • Surface controls

Komponen biasanya berbentuk tabung tergantung dari wellhead dengan pompa di atas dan motor terlampir di bawah. Ada aplikasi khusus di mana konfigurasi ini terbalik.

Sebagai daerah di mana ESP diterapkan secara luas, THUMS Long Beach Co. dibentuk pada April 1965 untuk mengebor, mengembangkan, dan memproduksi 6479-acre Long Beach satuan di lapangan Wilmington, Long Beach, California. ESP  telah menjadi metode utama mengangkat cairan dari sekitar 1.100 sumur menyimpang dari empat pulau lepas pantai buatan manusia dan salah satu bagian di darat.


Sejarah ESP 
 Pada tahun 1911, 18 tahun Armais Arutunoff menyelenggarakan Listrik Dynamo Rusia Arutunoff Co di Ekaterinoslav, Rusia, dan menemukan motor listrik pertama yang akan beroperasi di dalam air. Selama Perang Dunia I, Arutunoff mengkombinasikan motor  dengan bor. Itu penggunaan yang terbatas untuk mengebor lubang horizontal antara parit sehingga bahan peledak bisa didorong melaluinya. Pada tahun 1916, ia mendesain  ulang pompa sentrifugal untuk digabungkan ke motor nya untuk dewatering tambang dan kapal. Pada tahun 1919, ia berimigrasi ke Berlin dan mengubah nama perusahaannya menjadi REDA. Pada tahun 1923, ia berimigrasi ke Amerika Serikat dan mulai mencari pendukung untuk peralatan nya. Awalnya, ia mendekati Westinghouse tapi ditolak karena insinyur mereka pikir itu tidak akan bekerja karena tidak mungkin di bawah hukum elektronik.

Pada tahun 1926, pada konferensi American Petroleum Institute (API) di Los Angeles, dua pihak bergabung bersama untuk memulai industri ESP. Tepat sebelum konferensi ini, Arutunoff telah bergabung dengan Samual VanWert, seorang salesman pengisap-batang yang melihat potensi dari perangkat baru. Bersama-sama, mereka memulai tes prototipe di sebuah sumur minyak Baldwin Hills. Partai kedua melibatkan Clyde Alexander, seorang wakil presiden dari 9 tahun Bartlesville, Oklahoma, perusahaan-Phillips minyak Oil Co. Dia adalah pada konferensi  tersebut untuk mencari cara mengangkat minyak dari sumur yang juga diperlukan memproduksi sejumlah besar air . Arutunoff dan Phillips menandatangani kontrak ke lapangan menguji konsep di bidang El Dorado dekat Burns, Kansas. Setelah tes sukses, Bart Mfg. Diorganisasi. Pada tanggal 15 Maret 1930, Phillips menjual hak untuk Charley Brown, pemegang saham Bart dan eksekutif di Marland Oil Co, dan Arutunoff. Ini adalah kelahiran REDA Pompa Co Pada tahun 1969, REDA bergabung dengan TRW Inc., dan pada tahun 1987, ia dijual ke Camco Intl.Yang bergabung dengan Schlumberger pada tahun 1998.

Pada tahun 1957, sebuah perusahaan kedua didirikan. Lini produk ini dimulai di fasilitas Byron Jackson Pump di Vernon, California. Byron Jackson adalah sebuah divisi dari Borg Warner Corp Pada tahun 1959, lini produk ladang minyak dari Byron Jackson Pompa dipindahkan ke Tulsa dan cepat menjadi dikenal sebagai "BJ" pompa. Pada tahun 1979, menjadi Centrilift Inc, anak perusahaan dari Borg Warner Corp, dan dipindahkan ke Claremore, Oklahoma, pada tahun 1980. Hanya setelah relokasi pada tahun 1980, Centrilift dijual ke Hughes Tool Co. Kemudian, pada tahun 1987, Hughes Alat dan Baker International merger menjadi Baker Hughes Inc.
Pada tahun 1962, Goulds Pompa Oil Field Submergible Divisi mendekati Franklin Electric untuk menemukan motor yang lebih baik untuk produk ladang minyak-pompa mereka. Pada 1967, mereka telah merancang produk baru dan telah membentuk perusahaan patungan, Minyak Dynamics Inc (ODI). Pada tahun 1997, ODI dijual ke Baker Hughes Inc., dan lini produk digabungkan ke Centrilift ini.

Cerita di balik perusahaan ketiga menjadi sedikit lebih rumit. Pada tahun 1965, Hidrodinamika dibentuk sebagai bagian dari Peerless Pump untuk mengembangkan produk submersible ladang minyak. Setelah kesuksesan finansial yang terbatas, itu dijual ke FMC Corp dan berganti nama menjadi Oiline. Pada tahun 1976, itu dijual lagi, kali ini untuk Kobe, dan menjadi Kobe Oiline. Kobe dijual ke Trico pada tahun 1983, tetapi produk Kobe Oiline berputar off ke Baker International, dan itu menjadi Bakerlift Systems. Trico juga baru saja membeli Standard Pompa garis air sumur dari REDA. Sebuah cabang sisi ke pohon ini dimulai dengan munculnya Teknologi Barat pada tahun 1978. Itu dijual kepada Dresser Industries dan berganti nama Westech pada tahun 1982. Kemudian, pada tahun 1985, ia dijual ke Bakerlift Systems. Ketika Baker Internasional dan Hughes bergabung pada tahun 1987, operasi AS Bakerlift divestasi dan dijual ke Trico, tapi Baker Hughes mempertahankan segmen internasional bisnis Bakerlift. lini produk Trico ini terdiri dari peralatan dari Kobe Oiline, Standard Pump, Westech, dan Bakerlift Systems. Namanya diubah Trico Sub Layanan. Pada cabang sisi lain, ESP Inc dibentuk pada tahun 1983. Wood Group membelinya pada tahun 1990. Kemudian, pada tahun 1992, Trico Sub Layanan dibeli oleh Wood Group dan dilebur ke dalam ESP Inc.

Sistem ESP
Contoh yang normal dari konfigurasi sistem ESP ditunjukkan pada Gambar 1 dan 2. Ini menunjukkan unit tabung-hung dengan komponen downhole terdiri dari:
  • Sebuah pompa sentrifugal multistage dengan intake or separate, bolt-on intake
  • Sebuah bagian seal-chamber
  • Sebuah motor induksi tiga fase, dengan atau tanpa sensor package
Sisa dari sistem ini mencakup paket kontrol permukaan dan kabel listrik tiga fase berjalan downhole ke motor. Karena persyaratan aplikasi unik ESP di dalam, relatif casing kecil-menanggung, peralatan desainer dan produsen diwajibkan untuk memaksimalkan angkat pompa dan output daya dari motor sebagai fungsi dari diameter dan panjang unit. Oleh karena itu, peralatan biasanya panjang dan ramping. Komponen yang diproduksi dalam berbagai panjang hingga sekitar 30 ft, dan untuk aplikasi tertentu, baik pompa, segel, atau motor dapat beberapa komponen dihubungkan secara seri.

Sepanjang sejarah mereka, sistem ESP telah digunakan untuk memompa berbagai cairan. Biasanya, cairan produksi minyak mentah dan air garam, tetapi ESP  mungkin digunakan untuk menangani:
  • Liquid petroleum products
  • Disposal or injection fluids
  • Fluids containing free gas
  • Some solids or contaminates
  • CO2 and H2S gases or treatment chemicals
Sistem ESP juga estetika lingkungan karena hanya permukaan peralatan kontrol listrik dan kabel listrik dijalankan dari controller ke kepala sumur yang terlihat. Kontroler dapat diberikan dalam cuaca, versi outdoor atau versi dalam ruangan untuk penempatan di sebuah bangunan atau wadah. Peralatan kontrol dapat berada dalam jarak minimal yang disarankan dari kepala sumur atau, jika perlu, hingga beberapa mil jauhnya. API RP11S3 menyediakan pedoman untuk instalasi yang tepat dan penanganan sistem ESP. 


Keuntungan ESP :
  • Cocok dengan sumur yang sangat menyimpang; sampai ke horizontal, tetapi harus diatur dalam bagian lurus.
  • Cocok  dengan sumur-sumur bawah permukaan, diperlukan 6 ft terpisah untuk kepadatan permukaan-lokasi maksimum.
  • Penggunaan Izin ruang minimum untuk kontrol bawah permukaan dan fasilitas produksi terkait.
  • Tenang, aman, dan sanitasi untuk operasi diterima di daerah lepas pantai dan sadar lingkungan.
  • Umumnya dianggap sebagai pompa volume tinggi.
  • Menyediakan untuk meningkatkan volume dan luka air yang dibawa oleh tekanan pemeliharaan dan operasi pemulihan sekunder.
  • Izin menempatkan sumur produksi bahkan saat pengeboran dan bekerja lebih sumur di sekitarnya.
  • Berlaku dalam berbagai lingkungan yang keras.

Kerugian ESP :
  •        Akan mentolerir hanya persentase minimal padatan (pasir) produksi, meskipun pompa khusus dengan permukaan mengeras dan bantalan ada untuk meminimalkan keausan dan meningkatkan menjalankan kehidupan.
  • ·     Operasi mahal dan kehilangan produksi terjadi ketika mengoreksi kegagalan downhole, terutama di lingkungan lepas pantai.
  • ·     Di bawah sekitar 400 B / D, efisiensi daya tetes tajam; ESP  tidak terlalu beradaptasi dengan tarifdi bawah 150 B / D.
  • ·     Butuh relatif besar (lebih besar dari 4 ½-in. Diameter luar) ukuran casing untuk moderat untuk peralatan high-produksi-tingkat.
  • ·     Umur panjang peralatan ESP diperlukan untuk menjaga produksi ekonomis.
  • Komponen dari ESP System
Instalasi dan Penanganan
Meskipun akan ada banyak faktor yang mempengaruhi atau langsung mempengaruhi running  sistem ESP, prosedur instalasi dan penanganan yang tepat sangat penting. Prosedur instalasi dan penanganan yang direkomendasikan adalah terinci dalam API RP11S3. [3] Selain ini, produsen harus dihubungi untuk rekomendasi spesifik pada peralatan mereka.


Pemeliharaan dan Pemecahan Masalah
Operasi, pemeliharaan, dan troubleshooting rekomendasi akan dibahas dalam API RP11S. Selain itu, banyak yang bisa dipelajari dari pembongkaran komponen ESP setelah mereka ditarik dari sumur. Hal ini berlaku apakah mereka berada dalam kondisi dapat digunakan kembali atau telah melalui bencana kegagalan. Peralatan dan sumur bor selalu menunjukkan item yang dapat diubah atau diperbaiki. API RP11S1 memberikan pedoman pada pembongkaran komponen ESP dan evaluasi temuan.  Juga, masing-masing produsen ESP memiliki rekomendasi dan pedoman tentang topik ini.
 
Baillie menyediakan checklist praktis untuk mengoptimalkan kehidupan sistem ESP. Ini mencakup semua langkah kritis atau sensitif, dari desain dan pembuatan prosedur operasional. Ada beberapa makalah yang ditulis yang berhubungan dengan literatur tentang masalah aplikasi ESP dan solusi. Makalah ini merangkum dan mengkategorikan literatur referensi ESP oleh sejumlah aplikasi atau masalah yang berbeda topik. Mereka adalah bibliografi baik ditetapkan untuk masalah yang berhubungan dengan aplikasi pemecahan masalah atau masalah.




Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "ELECTRIC SUBMERSIBLE PUMP - POMPA BENAM LISTRIK"

  1. maaf, saran tolong tulisannya body post kurang besar

    ReplyDelete
  2. wah baru tau nih ada yg seperti ini.

    ReplyDelete
  3. nice info gan . mungkin penulisannya bisa diperbaiki ya :D .

    ReplyDelete
  4. ane juga baru tau nih apa itu submersible pump..
    thanx atas infonya gan

    ReplyDelete
  5. Bagus pompanya,teknologi semakin maju aja

    ReplyDelete
  6. waw luar biasa artikelnya, sangat membantu.

    ReplyDelete