PROBLEM SCALE


Problem Scale-Scale merupakan kristalisasi dan pengendapan mineral yang berasal dari reaksi ion-ion yang terkandung dalam air formasi. Pengendapan dapat terjadi di dalam pori-pori batuan formasi, lubang sumur bahkan peralatan permukaan.

A. Penyebab Terbentuknya Scale
1. Bercampurnya 2 jenis air yang berbeda
Dua jenis air yang sebenarnya tidak mempunyai kandungan untuk membentuk scale. Bila bercampur kemungkinan membentuk suatu komponen yang tidak larut. Contoh yang umum adalah pencampuran antara air injeksi dengan air formasi di bawah sumur, dimana yang satu mempunyai kelarutan garam-garam Barium yang tinggi, sedangkan yang lainnya mengandung larutan Sulfate. Pencampuran ini akan mengakibatkan pembentukan endapan Barium Sulfate yang dapat menyumbat dan sulit untuk dibersihkan. Endapan Carbonate dan Sulfate akan menjadi lebih keras dan makin bertambah apabila larutan mineralnya dalam keadaan bersentuhan (kontak dengan permukaan dalam waktu yang lama.
2. Penurunan Tekanan
Pada saat air formasi mengalir dari reservoar menuju lubang sumur maka akan terjadi penurunan tekanan. Penurunan tekanan ini dapat pula terjadi dari dasar sumur ke permukaan dari Well Head ke Tanki Penampung. Penurunan tekanan ini akan menyebabkan terlepasnya CO2 dan ion Bicarbonat dari larutan. Dengan terbebasnya gas CO2, sehingga akan menyebabkan berkurangnya kelarutan CaCO3. Hal ini berarti penurunan tekanan pada suatu sistem akan menyebabkan meningkatnya kemungkinan terbentuknya scale CaCO3.
3. Perubahan Temperatur
Pada saat terjadi perubahan (kenaikan) temperatur, maka akan terjadi penguapan sehingga terjadi perubahan kelarutan, dan hal ini akan mengakibatkan terjadinya pembentukan scale. Temperatur mempunyai pengaruh pada pembentukan semua tipe scale, karena kelarutan suatu senyawa kimia sangat bergantung pada temperatur. Misalnya kelarutan CaCO3 akan berkurang dengan kenaikan temperatur dan kemungkinan terbentuknya scale CaCO3 semakin besar.

B. Mekanisme Terbentuknya Scale
1. Makin besar pH
Makin besar pH cairan, maka akan mempercepat terbentuknya scale. Scale biasanya terbentuk pada kondisi basa (pH>7).
2. Terjadi Agitasi (pengadukan)
Pengadukan atau goncangan akan mempercepat terbentuknya endapan scale. Scale biasanya terbentuk pada tempat dimana faktor turbulensi besar, seperti sambungan pipa, valve dan daerah-daerah penyempitan aliran.
3. Kelarutan Zat Padat Kelarutan zat padat yang dikandung oleh air sangat berperan dalam pembentukan scale, sebab bila kelarutan zat padat rendah atau kecil, maka kemungkinan untuk terbentuknya scale akan semakin besar.

C. Jenis - Jenis Scale
1. Scale Calcium Sulfate (CaSO4), terbentuk dari reaksi ion Calcium Sulfat.
2. Scale Barium Sulfate (BaSO4), dibentuk oleh kombinasi ion Ba++ dan ion SO42
3. Scale Kalsium Karbonat (CaCO3), scale ini terbentuk dari kombinasi ion Kalsium dan ion Karbonat / Bicarbonat.
Perubahan kesetimbangan kimia ini menyebabkan terbentuknya scale yang dapat menghambat atau menutup pori-pori batuan.

D. Cara Mencegah Terbentuknya Scale
1. Menghindari tercampurnya zat yang incompatible (tidak boleh campur)
2. Mengubah komposisi air dengan water dilution (pengencer air) atau mengontrol pH
3. Menghilangkan zat pembentuk scale
4. Penambahan scale control chemical

E. Cara Mengatasi Problem Scale
1. Penambahan larutan EDTA (Ethyene Diamine Tetra Acetic)
2. Acidizing (penambahan larutan HCl atau HCl : HF)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PROBLEM SCALE "

Post a Comment